Friday, 29 October 2010

Bedanya DVD-R, DVD+R, DVD-RW, dan DVD+RW

DVD-R
Jenis media ini sama dengan CD-R, hanya satu perbedaannya adalah kapasitasnya 4.7Gb, disk ini hanya dapat digunakan 1 kali pemakaian saja. Terdapat dua tipe media DVD-R : DVD-RA (Authorship) dan DVD-RG (general use). DVD-RA biasanya digunakan pada perekaman film atau lagu komersil pada skala industri dan merekamnyapun harus menggunakan DVD-RA perekam/recorder. Untuk penggunaan rumahan atau sehari-hari , media ini dapat digunakan pada perekam yang biasa banyak beredar dipasaran yaitu DVD-RG (DVD+/-RW unit). Media ini dapat juga dijalankan pada DVD-RAM dan DVD+R unit.

DVD+R
DVD+R , seperti DVD-R, sebuah 4.7GB disk yang dapat menyimpan film dan menikmati film tersebut pada DVD player komersil. Diluar dari mempunyai fungsi dan kapasitas yang sama , sebuah DVD+R disk hanya dapat direkam pada DVD+R recorder, sedangkan DVD-R disk hanya dapat direkam di DVD-R recorder. Kita mungkin menemukan recorder yang dapat merekam kedua tipe media tersebut sekarang dipasaran.(DVD±R recorders). pada praktisinya , perbedaannya adalah hanya terasa pada pada saat menggunakan disk ini to merekam files yang umum, hanya itu, jika anda menggunakan untuk membackup media, dimana mereka mempunyai performance yang sama untuk menonton film.

DVD-RW
Ini adalah versi dari DVD-R yang dapat direkam ulang. Untuk menggunakan tipe ini anda perlu membeli DVD-RW perekam/recorder. DVD-RW recorder biasanya merekam media (CD's blank) DVD-R,CD-R dan CD-RW. Sama seperti yang terjadi pada DVD-R, DVD-RW disk dapat digunakan pada DVD player komersil terbaru tanpa masalah. Sedangkan jenis yang lebih tua tidak akan dapat mengenali media tersebut, menolak untuk menjalankan disk tersebut.Untuk menggunakan DVD-RW disk, Player komersil membutuhkan disk yang berisi data, setelelah terisi data anda hanya akan dapat menyimpan data baru dengan cara memformat disk tersebut, dimana akan membuat data lama anda hilang semua.


DVD+RW
Ini adalah versi re-recordable (DVD blank yang sudah ada isi dapat direkam kembali) dari DVD+R dan semua mengenai DVD+R adalah valid untuk DVD+RW. Hanya saja DVD player terbaru memainkan film yang direkam didisk menggunakan media format ini. Dipasaran beredar Recorders/perekam yang dapat merekam kedua format itu yaitu DVD-RW dan DVD+RW. Perekam ini dinamakan DVD±RW. Sama pada DVD-RW, Player komersil membutuhkan disk yang berisi data, setelelah terisi data anda hanya akan dapat menyimpan data baru dengan cara memformat disk tersebut, dimana akan membuat data lama anda hilang semua. DVD+RW recorder biasanya dapat membaca DVD-RW disk (tetapi tidak untuk merekam disk tersebut) dan sebaliknya begitu.

Keep Smile and Do The Best ^_^
materi referensi:
http://ivanstech.com/media_DVD.htm

No comments:

Post a Comment