Wednesday 9 February 2011

Komputer tidak bisa booting ?


Adakah yang pernah mengalami komputernya tidak mau booting, mesikipun kipas CPU dan PSU menyala namun pada monitor tidak keluar apapun hanya hitam saja. Dulu saya pernah mengalami error semacam ini, saya sampai bingung apa yang salah dengan komputer saya. Biasanya setiap kali komputer dinyalakan lampu pada monitor dan keyboard akan menyala hijau dan tak lama kemudian akan keluar text bios baru loading ke windows.

Biasanya pada komputer yang tidak bisa booting terjadi kerusakan atau kesalahan pada hardware dan yang
bisa di curigai adalah PSU, Prosessor, RAM, dan VGA Card. Dan jika terjadi kerusakan pada salah satu dari keempat hardware tersebut, komputer akan mengeluarkan suara beep yang berbeda:
  • Jika berbunyi pendek satu kali berarti komputer berjalan normal.
  • Bunyi beep satu kali tetapi panjang masalah pada RAM, (RAM rusak atau kurang pas dalam pemasangannya)
  • Bunyi satu kali panjang kemudian diikuti tiga kali pendek terjadi masalah pada VGA card (coba lepas kemudian pasang kembali, jika masih terjadi hal yang sama coba ganti dengan VGA Card yang lain)
  • Tidak berbunyi dan monitor tetap tidak ada tampilan, biasanya kesalahan pada prosessor (terlalu panas atau prosesor mati) lepas Prosessor, bersihkan kipas.

2 comments:

  1. saya pernah mengalami masalah serupa dan ternyata yang bermasalah pada motherboard. Lantaran nggak mau cape, ya saya tukar tambahin aja komputernya... mumpung masih ada duit... he-he-he. nice post, bro..

    ReplyDelete